Doa Ampuh untuk mengatasi rasa takut saat Berbicara di depan umum

doa sebelum berpidatoSalam Sejahtera untuk Anda.. Terima kasih Anda berkunjung di web kami.

Mungkin Anda sedang mengalami kesulitan berkaitan dengan Public Speaking?

Atau Anda sedang mendapatkan tugas/presentasi/Persiapan ujian pendadaran?

Dan Anda merasa gelisah dengan tugas/presentasi Anda ini. Sehingga Anda sedang mencari-cari cara untuk mengatasinya.

Beberapa langkah bagaimana mengatasi rasa takut yang mendalam saat berbicara di depan umum sudah pernah saya bahas. Jika Anda belum membacanya silahkan baca di Sini.

Pada post kali ini akan saya bahas mengenai cara Ampuh mengatasi rasa takut saat berbicara di depan umum. Bisa bayangin gimana rasa takutnya saat Anda berbicara di depan umum. Apalagi pada atmosfir : Banyak Bos-bos, lingkungan pejabat-pejabat, Banyak orang-orang pinter, dihadapat beberapa propfesor, Lingkungan yang berbeda 180 derajat dari lingkungan kebiasaan Anda. Ok. Cukup bayanginnya. Serem..

Nah langsung saja. Salah satu amalan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi atmosfer ketakutan berbicara di depan umum adalah dengan doa. Doa… iya benar. Doa (dalam bahasa Arab) berarti membaca, meminta hajat dan memohon pertolongan.

Agak keluar sedikit. 3 alasan penyebab Anda takut adalah :

  • Atmosfer yang telah dijelaskan di atas (#Nyesek)
  • Ucapan/Bagaimana kata-kata yang Anda ucapkan (lidah kaku, gagap, Mungkin belum siap, belum terbiasa)
  • Kegagalan urusan yang akan Anda presentasikan, nyampai/tidak. Orang-orang paham/tidak.

Mari kita ingat kisah nabi Musa. Beliau adalah nabi yang namanya sering disebut dalam Alquran adalah Nabi Musa ‘alaihis sahalatu was salam. Beliau nabi yang perjalanan sejarahnya paling sering dikisahkan dalam Alquran setelah nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagian ulama menghitung, nama beliau disebutkan sebanyak 136 kali dalam Alquran. Nabi terbaik di kalangan bani Israil, termasuk ulul azmi, dan bergelar kalimullah (orang yang diajak bicara langsung oleh Allah). (Fabi Hudahum, Dr. Utsman al-Khamis, hlm. 326).

Usai Nabi Musa mendapat wahyu, Allah SWT memerintahkan Nabi Musa menyampaikan wahyu tersebut kepada Firaun. Tetapi, Nabi Musa takut tidak lancar berbicara lantaran lidahnya cacat akibat menelan bara api saat masih bayi. Walaupun levelnya berbeda dengan keadaan Anda. Pada saat itu mungkin beliau juga menghadapi atmosfer yang sama seperti gambaran di atas.

Untuk itu, Nabi Musa lantas memanjatkan doa agar Allah memberikan kemudahan berbicara. Doa tersebut diabadikan dalam Alquran Surat Thaha ayat 25-28.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي  وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي  يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii

[Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku]

Doa di atas dapat Anda gunakan untuk memulai/mengawali kegiatan presentasi atau berbicara di depan umum/Publik Speaking. Semoga Allah membalikkan rasa takut dalam dada Anda menjadi berani. Kemudian membimbing kata-kata dalam lidah Anda. Dan Semoga Allah SWT memudahkan urusan Anda. Aamiin…

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii
Persiapkan presentasi Anda dengan baik. Dan jangan lupa Awali dengan doa Ampuh ini. Semoga Bermanfaat.
Salam Star

 

 

 

Incoming search terms:

Comments (1)
  1. Nandang Gusmus August 18, 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.