3 Rahasia Membuat Presentasi Semakin “WOW”

10356756_10204199178798205_2830364507821930872_n“Wow efek” dalam presentasi dapat diartikan memberikan pengaruh yang kuat, memukau dan mengikuti apa yang Anda instruksikan. Atau memberikan makna yang lebih mendalam sehingga setelah selesai speech Anda masih membekas dalam diri para audience. Lantas apa yang membuat efek “wow”? Sabar ya…kalem. Berikut ini 3 Rahasia yang dapat membuat presentasi Anda semakin  “wow” :

1. Humor

Lelucon yang tepat, akan memberikan efek “wow” pada audience. Kalau dalam menu makanan mirip seperti snack. Bukan menu utama namun diperlukan. Audience akan sangat senang jika pembicaranya santai dan lucu. Namun perlu hati-hati untuk “porsi” lelucon Anda, karena beberapa seminar terkadang yang teringat hanya “guyonan” saja. “Dari awal sesi sampai akhir sesi ngakak terus”. Justru esensi yang disampaikan ke audience hilang. Gawat kan?

Yang perlu diperhatikan dalam memasukkan humor atau cerita lucu pada presentasi Anda adalah menghindari kata-kata:

“Saya memiliki cerita lucu..”

“Berikut ini akan saya kisahkan cerita lucu untuk Anda..

Karena humor bersifat kejutan. Maka biar efeknya mengena, sedikit dirahasiakan pada awal cerita kalau apa yang Anda sampaikan lucu. Beberapa pembicara tertawa terlebih dahulu sebelum bercerita karena sudah menganggap itu lucu. Jadinya malah gak lucu kan? Perlu hati-hati. Selain itu jeli dalam memilih humor. Disesuai dengan topic yang sedang berlangsung atau yang sedang dibicarakan. Supaya lebik “klik” (nyambung). Anda dapat mengutip cerita lucu dari artikel di web ini untuk presentasi Anda.

2. Ice Breaking

Tidak selalu dalam sebuah presentasi iklim yang terbangun penuh dengan kehangatan dan keceriaan. Terkadang suasana menjadi dingin. Tidak ada respon dari Audience untuk pembicara. Benar-benar beku. Seperti daging di dalam freezer lemari es penyimpanan daging. Jika memungkinkan Anda pecah kebekuan dalam ruang yang seperti lemari es penyimpanan daging tersebut dengan ice breaking.

3. Berikan Audience Sebuah Kejutan

Semua orang menyukai kejutan. Namun kejutan yang menyenangkan tentunya. Bukan kejutan yang menyedihkan. Sebuah presentasi yang powerful memiliki kejutan yang membuat audience terperangah. Dan menimbulkan “wow” efek melekat pada mereka.

Pada tahun 2008, Steve Jobs bercerita bahwa Apple telah membuat notebook paling tipis di dunia, Jobs menunjukkan gambar betapa tipis dan ringannya notebook tersebut. Ketika audience membayangkan kira-kira seberapa tipis notebook tersebut, tiba-tiba Steve Jobs mengambil sebuah amplop dan mengeluarkan notebook MacBook Air dan menunjukkannya di hadapan audiences. Apa yang terjadi pada Audiences? Mereka terperangah.

kejutan steve job

Steve Jobs berhasil menciptakan kejutan dalam presentasinya. Sebuah presentasi yang dirancang sedemikian rupa sehingga tiba momentum untuk mengeluarkan notebook dari sebuah amplop biasa. Momen inilah yang membuat presentasi tersebut menjadi Powerful.

Steve Jobs bisa saja sekedar menjelaskan spesifikasi teknis ukuran notebook tersebut. Namun cara ini tidak memberi kekuatan dan aspek emosional. Audience sulit membayangkan beda sepersekian sentimeter. Dengan mengeluarkan notebook tadi dari dalam amplop, maka penjelasan tentang notebook yang tipis menjadi sempurna.

Dalam merancang presentasi Anda, pikirkan dan ciptakan momentum kejutan yang akan menjadi momen paling diingat oleh audience. Make them say “wow”.

Efek wow yang lebih lengkap dapat Anda lihat di Buku Powerful Public Speaking. Semoga bermanfaat untuk presentasi Anda yang lebih luar biasa.

 

Salam Star

Widayanto Bintang | @TrainerAmpuh | 75A288BD

Comments (1)
  1. inggo February 21, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.