7 Kesalahan Pelajar, Gagal Ujian Nasional

95-pelajar-sma-di-meranti-gagal-lulus-unUjian Nasional merupakan salah satu ujian yang harus dilalui oleh peserta didik baikSMP kelas 9 maupun SMA kelas 12. Dari tahun ke tahun sistem ini mengalami beberapa perubahan yang tujuannya untuk perbaikan sistem tentu saja. Supaya didapatkan hasil yang sesuai dengan harapan. Harapan siapa? Siapa saja yang masih memiliki harapan. Loh?@####

Jika Anda membaca judul, bukan berarti posting ini untuk memfokuskan diri kita untuk suatu kegagalan. Enggak… Sekali lagi enggak. Jangan ditelan bulat-bulat tetapi dikunyah dulu. Tujuan dari penulis adalah Anda tidak mengulangi kegagalan-kegagalan pendahulu Anda. Dan Anda tidak berujung pada penyesalan-penyesalan saat didapati nilai UN Anda kurang bagus dan tidak diterima disekolah yang “Berkualitas.” Dan kepedihan ini berlanjut pada kekecewaan orang tua Anda. : ( . Ngak mau kan???

Berdasarkan curhatan, pengamatan dan analisis para pelajar, saya dapatkan alasan kenapa mereka gagal dalam memperoleh nilai maksimal pada Ujian Nasional.

1. Gengsi Buat Belajar

Masak pelajar gengsi belajar? Anda mengakui atau tidak. Anda menyadari atau tidak. Terkadang Anda merasa sangat gengsi untuk belajar. Bahkan malu kalau ada orang mengetahui jika Anda termasuk orang yang rajin belajar. Sehingga Anda menutup-nutupi bahkan menjadi perasaan malas untuk belajar.

Apa sebabnya? Ya…tidak ada ditayangan manapun yang menyiarkan kalau belajar itu keren…

Tidak ada tayangan yang menyiarkan jika orang belajar itu keceh…#Mikir

Belum lagi jika kita belajar tetapi nilainya juga tidak optimal. Ini makin bikin gengsi buat belajar.

Wes…Tanyao ning njero atimu. Tentu saja sambil dipikir

  • Belajar saja belum tentu sukses apalagi tidak belajar?
  • Kenapa Anda gengsi untuk kebaikan diri Anda sendiri?
  • Justru keren itu adalah mau belajar.

Ngak perlu gensi lagi untuk belajar. Sekarang akui dalam diri Anda bahwa jika Anda belajar justru Anda menjadi lebih baik. Biarkan kesalahan ini dilakukan oleh pendahulu Anda. Tidak perlu Anda ulangi lagi.

2.Maunya Instan

Kesalahan kedua yang sering dilakukan oleh para pelajar adalah MAUNYA iNSTAN. Kalo boleh berdoa, pengennya

“Ngak belajar tapi Nilainya bagus”

“Belajar Semalam tapi nilainya bagus”

Apalagi?

Maunya instan tapi hasil maksimal. apa ada yang seperti itu? “Ada pak, mie instan”. Ya betul tapi pernah Anda mencoba makan mie instan setiap hari? Pagi, singa, sore? TIPES akhirnya. Apa ini yang Anda sebut Maksimal?

Tidak Ada yang instan untuk mendapatkan hasil optimal. Inget ya. Kota roma tidak dibangun dalam waktu semalam. Trus jika Anda membaca legenda candi Roro Jonggrang 1000 candi juga gagal dibuat satu malam. Right?

Ni kesalahan yang sudah FATAL : Percaya kepada semacam kunci-kunci. Bahkan sampai membeli kunci jawaban dari opnum yang ngak jelas. Apalagi Menunggu semaleman dibawah pohon beringin supaya mendapatkan bocoran. Fatal banget. Jangan-jangan Anda?

Semua butuh proses, butuh tenaga untuk mendapatkan sesuatu yang maksimal. Dibutuhkan energi yang besar untuk mendapatkan hasil yang lebih besar. Anda perlu membuat rencana-rencana yang sistematis, serta membuat action yang nyata untuk mendapatkan apa yang menjadi capaian Anda. Mengandalkan yang instan hanya untuk pribadi yang mudah menyerah, serta putus asa.

Jangan sampai kesalahan ini terjadi pada Anda, karena sudah Anda pelajari dari pendahulu Anda.

3. Buta Pelajaran

Tidak ada sekolahan yang tidak mengadakan kegiatan PENGAYAAN. Kecuali sekolah tertinggal dan terletak dipedalaman. Tetapi ngak tahu niatnya yang salah atau pelajarnya yang salah atau justru pengayaan menjadi beban. Bahkan beberapa orang menyebut istilah penambahan jam pelajaran materi UN ini sebagai PENGANIYAAN.

Bersambung……

Selanjutnya akan dibahas pada Acara Bedah Buku

RAHASIA SUKSES UN UJIAN NASIONAL FISIKA SMP

MINGGU 1 FEBRUARI 2015

PUKUL 08.00 – 11.00

DI KAMPOENG BELAJAR ENTRANCE

JL.INDRALOKA NO 25 CILACAP

DAPATKAN JUGA FILE SOAL2 :

IPA, MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS

DAFTAR SEGERA..

Call Santie : 085647753684

Incoming search terms:

Comments(15)
  1. Lintang Anggraeni January 27, 2015
  2. Rendy January 27, 2015
  3. Eka Nurul 9f January 27, 2015
  4. Maydinda 9f January 27, 2015
  5. iin 9f January 27, 2015
  6. Billy Indra Irawan January 27, 2015
  7. Naufal Daffa H January 30, 2015
  8. Feli A January 30, 2015
  9. vania n e January 30, 2015
  10. rianandita ae January 30, 2015
  11. Rahma Nur January 30, 2015
  12. Bayu Sri Anggoro January 30, 2015
  13. Kirani NA January 30, 2015
  14. sebut saja DIJAHH January 30, 2015
  15. Dwiki tamfan :G January 30, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *